News Update :
Home » » KTNA Harus Tingkatkan Kesejahteraan Petani dan Kawal Bantuan Pemerintah

KTNA Harus Tingkatkan Kesejahteraan Petani dan Kawal Bantuan Pemerintah

Penulis : Siti Rahmi on Kamis, 16 Mei 2013 | 16.03

KTNA Dituntut Berperan Tingkatkan Kesejahteraan Petani dan Kawal Bantuan Pemerintah

SELATPANJANG –Keberhasilan pembangunan pertanian dasarnya ditentukan oleh peran serta dan kemampuan petani-nelayan dalam menggerakkan organisasi Kelompok Tani- Nelayan dalam usaha taninya. Indikasi keberhasilan pembangunan pertnian tidak hanya diuur dari pendapatan dari hasil pertanian, tetapi lebih ditekankan  pada usaha peningkatan ksejahteraan para Petani-Nelayan beserta keluarganya. Demikianlah yang disampaikan  oleh Sekretaris Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan, Sihana, SP saat membuka Mimbar Sarasehan Kontak Tani-Nelayan Andalan (KTNA), selasa (14/5) kemarin di Gedung Wanita Selatpanjang.

"Oleh karena itu kami mengharapkan KTNA lebih berperan untuk meningkatkan kesejahteraan petani-nelayan. Kesejahteraan dapat terwujud apabila petani-nelayan mampu memperjuangkan nasibnya sendiri dengan memiliki modal usaha tani melalui kelembagaan kelompok tani yang tangguh," turut Sihana, SP.

Ia juga berharap KTNA turut awasi dana-dana bantuan yang dikucurkan ke masyarakat tani-nelayan melalui dana-dana aspirasi maupun bantuan-bantuan lainnya, supaya dana tersebut tidak disalah gunakan. "Setiap tahun pemerintah kita mengucurkan dana baik dari APBD maupun APBN namun hingga kini tidak terlihat peningkatan ekonomi pada petani-nelayan kita. Disinilah kami mengharapkan KTNA untuk mengevaluasi, dimana letak kesalahan sehingga kita bisa mencari solusi yang tepat," harap Sihana.

Hal, senada juga Kadis, Ir. Julian Darwis yang mengisi acara Mimbar Sarasehan pada sore harinya. Menurutnya KTNA berfungsi mitra pemerintah, bersama penyuluh membina petani-petani, bagaimana membuat petani-nelayan ini bisa benar-benar bisa berpotensial.

"Kami sempat dituding menilap dana PUAP, padahal jauh sebelumnya sudah saya ingatkan jika ada penyalahgunaan PUAP segera laporkan ke saya, tapi malah kami dituding tilap dana PUAP yang sama sekali tidak kita kelola. Ini jadi pelajaran bagi kita semua, KTNA harus bina kelompok yang terima PUAP. Sebagai mitra pemerintah, KTNA bersama penyuluh harus bisa membina petani-petani, bagaimana bantuan tersebut bisa benar-benar mensejahterakan para petani dan nelayan," pinta kepada dinas. rahmi

Share this article :

Posting Komentar

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Meranti Updates . All Rights Reserved.
Design Template by Bakharuddin | Support by creating website | Powered by Blogger