Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) bertujuan
mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa SMP di Kabupaten Kepulauan
Meranti yang berwawasan global . Demikian salah satu tujuan kegiatan FLS2N yang
disampaikan oleh Ahmad Kudri, Kepala Sekolah SMPN 1 Tebingtinggi, saat menyampaikan laporan kegiatan pada acara
pembukaan FLS2N di halaman SMP Negeri 1.
“Melalui seni, insyaAllah apa yang kita lakukan hari ini, bukan sekedar menggali potensi yang kita miliki, tetapi juga bisa kita jadikan untuk mengembangkan sikap kompetitif dalam diri kita,” kata Ahmad Kudri, Sabtu (4/5).
Lebih lanjut, ia menyebutkan FLS2N juga bertujuan untuj menggali dan melestarikan seni dan budaya bangsa di seluruh wilayah nusantara, membina dan meningkatkan kreatifitas siswa dalam bidang seni dan sastra, dan bertujuan menanamkan dan meningkatkan apresiasi seni dan sastra khususnya terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.
Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan bahwa para juara
dalam FLS2N akan memperoleh penghargaan sama tingginya dengan para juara lomba
sains dan olahraga. Peserta yang menang akan diikut sertakan pada tingkat
provinsi, jika bisa mereebut juara maka ia akan naik ke peringkat nasional. Salah
satu penghargaan yang akan diberikan adalah menjadi wakil Indonesia di ajang
lomba seni tingkat internasional.
“Untuk para juara seni juga akan memperoleh penghargaan yang sama tingginya dengan penghargaan para juara di bidang sains, dan beasiswa. Posisinya sama dengan para juara oliempiade lain. Tidak dibedakan juara olimpiade matematika dan seni. Dua-duanya sama dan penting untuk menyempurnakan hidup kita; kebenaran, kebaikan, dan keindahan,” tambahnya.
“Untuk para juara seni juga akan memperoleh penghargaan yang sama tingginya dengan penghargaan para juara di bidang sains, dan beasiswa. Posisinya sama dengan para juara oliempiade lain. Tidak dibedakan juara olimpiade matematika dan seni. Dua-duanya sama dan penting untuk menyempurnakan hidup kita; kebenaran, kebaikan, dan keindahan,” tambahnya.
Posting Komentar